Pemilihan Teknologi Pengolahan Air Limbah

Pemilihan Teknologi Pengolahan Air Limbah

Limbah merupakan hasil kagiatan produksi yang memiliki dampak yang cukup luas bagi lingkungan sekitar. pembuangan limbah jika tidak dilakukan secara benar akan dapat merusak lingkungan sekitar. Di kota besar misalnya, limbah yang diproduksi tentu jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan wilayah pedesaan, maka dari itu pembuangan limbah harus dilakukan secara maksimal dan tepat supaya kesehatan lingkungan tetap terjaga. di wilayah perkotaan tentu sangat berkaitan erat dengan kehidupan perindustrian, limbah yang berasal dari industri mengandung zat yang cukup berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia.

Air limbah produksi banyak mengandung kontaminan yang telah dihasilkan dari sisa pelarut, bahan baku produksi, produk gagal dan bahan adiktif. supaya dapat menenuhi standar mutu pada sebuah kawasan industri harus memenuhi prinsip pengendalian limbah secara tepat dalam proses produksi. dalam sebuah tempat industri harus dilakukan pengawasan yang cukup ketat untuk menimalisir  jumlah limbah yang di hasilkan.

Tujuan Pengolahan Air Limbah

Pengolahan air limbah memiliki tujuan untuk menguraikan bahan pencemar yang ada didalam air yang tidak dapat diuraikan oleh micro organisme yang hidup di lingkungan. sebelum memulai proses pengolahan limbah sebaiknya di dahului dengan memilah kontaminan yang ada di dalam air dengan memakai sebuah parameter. apabila kontaminan telah berhasil dikelompokkan maka langkah selanjutnya adalah memilih teknologi yang dapat digunakan untuk mengolah air limbah secara tepat guna.

Baca Juga: Instalasi Pengolahan Air Limbah Rumah Sakit

Dalam pengolahan air limbah ada beberapa parameter yag digunakan yakni parameter karekteristik fisik, parameter organik dan parameter kontaminan spesifik. parameter organik sendiri mampu mengukur jumlah zat organik yang terkandung dalam limbah sedangkan parameter karakteristik fisik dapat di lihat dari temperatur, ph, reduksi, warna dan bau. Namun dalam memilih teknologi pengolahan limbah harus memperhatikan beberapa aspek dan diperlukan beberapa kali percobaan dan uji kelayakan dengan berbagai tujuan sebagai berikut:

  • Memberikan informasi mengenai ekonomi dan teknik yang dibutuhkan dalam penerapan skala yang sebenarnya.
  • Menyakinkan bahwa teknologi yang digunakan terdiri atas proses yang telah disesuaikan dengan jenis limbah yang akan diolah nantinya.
  • Mengumpulkan data yang dibutuhkan untuk dapat menentukan pengolahan limbah yang di harapkan nantinya.

Sumber artikel www.ipalbiorich.com

Tinggalkan Komentar