Ikan Hiu Zebra Yang Unik


Ikan Hiu zebra adalah spesies ikan hiu yang berukuran sedang, ditemukan di perairan pesisir yang hangat dan di sekitar terumbu karang dengan cuaca tropis. Ikan Hiu Zebra paling sering ditemukan di samudera Hindia dan Pasifik Selatan dimana pesisir akan berbatasan dengan lautan yang dalam.

Ikan Hiu Zebra bisa tumbuh dengan panjang hampir 3 meter dan bisa berumur hingga 30 tahun hidup bebas di alam liar. Ikan Hiu Zebra yang disimpan atau dikembang biakkan di penangkaran umumnya tidak melebihi usia 15 tahun, hal itu mungkin terjadi dikarenakan lingkungan penangkaran yang tidak memberikan perkembangan yang alami sebagaimana layaknya bila ikan hidup lepas di alam bebas. Ikan Hiu zebra bisa dikenali oleh bintik kuning yang ada di bagian belakang dari tubuh Ikan Hiu Zebra.

Ikan Hiu Zebra memiliki bentuk tubuh yang panjang dan pipih sehingga membantu mereka untuk tetap tidak diperhatikan di dasar laut. Dengan bentuk seperti ini, ikan-ikan yang akan menjadi mangsanya tidak menyadai keberadaan pemangsa mereka yang berenang di bawah mereka. Selain itu, ikan Hiu Zebra juga memiliki ekor yang panjang yang memungkinkannya menjadi lebih lincah di dalam air. Dan uniknya adalah ikan Hiu Zebra menggerakkan ekor mereka dari sisi ke sisi saat mereka berenang, hal yang mereka lakukan ini akan mirip dengan cara bergerak seekor belut, cukup unik bukan?

Ikan Hiu Zebra adalah hewan omnivora namun cenderung memiliki pola makan berbasis daging lebih banyak. Hiu Zebra memakan ikan kecil, kepiting, udang, siput dan invertebrata kecil lainnya bersama dengan cumi dan ular laut yang mereka makan di terumbu karang. Tentu dengan sering ditemukannya mereka di daerah pesisir mengingat banyaknya sumber makanan tersebut di tempat ini.

Karena ukurannya yang tidak begitu besar, hiu Zebra tidak berada di kasta yang paling tinggi dalam hirarki daur makanan di daerah ini. Mereka mempunyai beberapa predator alami dan musuh mereka cukup dominan di lingkungan mereka. Yang mengejutkan adalah, ternyata musuh utama mereka adalah ikan dengan jenis yang sama yaitu ikan hiu. Spesies hiu yang lebih besar seperti hiu Harimau dan hiu Banteng adalah predator utama hiu Zebra, bersama dengan tentu saja manusia yang memburu daging dan siripnya untuk menjadi menu makanan dan obat-obat tradisional.

Hiu zebra betina mengandung rata-rata sepuluh telur besar yang menetas setelah masa inkubasi sekitar 5 bulan. Bayi dari Ikan Hiu Zebra sendiri mempunyai panjang yang menakjubkan yaitu hampir setengah meter saat mereka pertama kali menetas.

Tinggalkan Komentar